Apa Itu Database??

Apa Itu database?

Dalam era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat maka akan sangat dibutuhkan sekali yang namanya database. database merupakan sekumpulan data-data yang disimpan secara sistematik dalam komputer yg dapat di olah dan dimanipulasi menggunakan aplikasi untuk menghasilkan informasi. database berindak sangat primer, karena semua data-data yang akan dikelola menjadi informasi disimpannya pada database. jadi apabila terjadi sesuatu pada database, seperti kerusakan dll sebagainya akan sangat fatal dan pastinya sangat mengganggu kinerja dari sebuah perusahaan.

Manfaat penggunaan database :

1. Fast and Easy
Database memiliki kemampuan pengaksesan data secara cepat dalam menyeleksi dan mengorganisir data. 

2. Pusat kontrol data
Dalam sebuah perusahaan yang memiliki banyak divisi atau unit bagian akan tetapi pada bagian database yang diperlukan tetap 1 aja, hal ini akan mempermudah dalam pengontrolan data.

3. Pemakaian Bersama
Dalam satu server database, semua user yang akan mengelola data atau yg menupdate informasi bisa secara bersamaan mengakses database.

4. Hemat Biaya 
Dengan memiliki database terpusat, maka setiap perusahaan akan mengemat cost hardware software karena cukup dengan memiliki database terpusat. 

5. Keamanan Data
Hampir semua aplikasi database memiliki fasilitas management pengguna. manajemen pengguna ini mampu membuat privileges yang berbeda-beda sesuai dengan kepentingan dan posisi pengguna.

6. Mudah dalam pembuatan aplikasi baru
Dalam pembuatan aplikasi setiap perusahaan, programmer dapat dengan mudah mengakses dan mengelola model pengaksesan data ke database sehingga programmer yang buat aplikasi cukup dengan mengelola user interface dari database yang dimiliki.

Komentar